Program Sarjana Paralel

PROGRAM S1 PARALEL

Program S1 Paralel ini hampir sama dengan Program S1 Reguler. Perbedaan antara keduanya terletak di waktu perkuliahan serta persyaratan calon peserta.

PERSYARATAN CALON PESERTA

  1. Lulus  dari SMA /SMK/ MA/sederajat
  2. Tidak ada batasan Usia

 PROSES SELEKSI
Calon Mahasiswa dapat mengikuti tes seleksi melalui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru UI, yakni: Program PPKB (Program Prestasi dan dan Pemrataan kesempatan Belajar) dan SIMAK UI (Seleksi Masuk UI).

  1. Jalur Undangan : PPKB (Program Prestasi dan dan Pemerataan kesempatan Belajar) yang ditujukan untuk program S1 Paralel (tanpa ujian , dilihat dari nilai SMA)
  1. SIMAK UI : Peserta dapat memilih program Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel sekaligus, hanya dengan 1x ujian

Materi ujian: Kemampuan IPA, Kemampuan Dasar, dan Kemampuan IPS (tergantung pilihan calon mahasiswa: IPA, IPS, atau IPC)

KEGIATAN PERKULIAHAN

Perkuliahan berlangsung selama minimal 8 semester (4 tahun) dan maksimal 12 semester (6 tahun) dengan beban studi = 144 SKS.

Waktu Kuliah : Senin- Jumat, pukul 14.00-18.00 WIB

Kuliah berlangsung di Fakultas Psikologi UI, Kampus UI Depok.

GELAR PENDIDIKAN

Jenjang pendidikan S1 bisa ditempuh dalam 4 tahun dan gelar yang diperoleh adalah Sarjana Psikologi (S.Psi). Untuk menjadi psikolog, seorang sarjana psikologi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 Program Magister.

PELUANG KERJA LULUSAN FAKULTAS PSIKOLOGI

Setelah menyelesaikan studi di Fakultas Psikologi UI, mahasiswa dapat memiliki pilihan beragam untuk karir masa depan mereka, meliputi:

  1. Asisten psikolog
  2. Staf dan manajer di Departemen Sumber Daya Manusia
  3. Staf konsultan yang mengkhususkan diri di bidang psikologi
  4. Dosen dan peneliti
  5. Konselor
  6. Fasilitator dalam pengembangan masyarakat
  7. Asisten peneliti
  8. Fasilitator dan motivator dalam pelatihan
  9. Administrator tes psikologis
  10. Bisnis
  11. Pegawai pemerintah (manajerial, posisi non peneliti)
  12. Pemasaran, penjualan dan iklan, serta bidang-bidang lainnya yang terkait dengan manusia.

KEGIATAN MAHASISWA

Untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan diri, di kampus ini tersedia wadah formal, yakni Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiwa (MPM). BEM adalah wadah formal yang memfasilitasi dan mendukung kegiatan mahasiswa melalui program-program dalam bidang pendidikan, keilmuan, sosial, seni-budaya, dan olahraga.

Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan organisasi otonom untuk mewadahi bidang-bidang kerohanian  seperti Forum Ukhuwah dan Studi Islam (FUSI), Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK), Persekutuan Oikumene Sivitas Akademika (PO), dan lain-lain. Dalam mewadahi minat dan kelompok-kelompok mahasiswa, BEM memiliki BKBEM (Badan Kelengkapan BEM) dan KP (Klub Peminatan) yang memiliki kegiatan rutin, dalam bidang fotografi, tari, futsal, basket, kebudayaan Jepang, teater, musik, dan pecinta alam.