Psikologi Sosial

Gambaran Keilmuan
Psikologi Sosial adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mengkaji tingkah laku individu di dalam situasi sosial, dengan melakukan kajian dan analisis tentang bagaimana manusia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya . Berdasarkan pengetahuan tersebut, Psikologi Sosial membuat intervensi untuk membentuk tingkah laku manusia agar lebih adaptif dan tepat guna dalam situasi dimana manusia itu berada.

Area Penelitian
Secara garis besar, area penelitian psikologi sosial di kaji berdasarkan empat tingkat analisis, yaitu (1) Intraindividu, (2) Antarindividu, (3) Intrakelompok, dan (4) Antarkelompok. Pada tingkat Intraindividu, fokus kajiannya pada proses-proses internal individu dalam situasi sosial tertentu; misalnya proses kognisi, afeksi, biologis dan persarafan, konsep diri atau kepribadian individu tersebut. Pada tingkat Antarindividu, tingkah laku manusia dikaji melalui proses yang terjadi antarindividu yang terlibat dalam suatu situasi; misalnya komunikasi, pola relasi, dan peran figur signifikan. Pada tingkat Intrakelompok, fokus kajian terutama pada berbagai proses dan tingkah laku yang terjadi di dalam kelompok tempat individu menjadi anggotanya; misalnya status, peran, kepemimpinan dan kerja sama di dalam kelompok. Terakhir, pada tingkat Antarkelompok, area penelitian berfokus pada proses dan tingkah laku yang terjadi dalam interaksi antarkelompok; misalnya identitas kelompok, stereotipe dan prasangka, kekuasaan, relasi kelompok mayoritas-minoritas, kerja sama dan konflik antarkelompok.
Keempat tingkat analisis serta masing-masing topik di dalamnya dikembangkan dengan metode ilmiah dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan serta diterapkan dalam berbagai program intervensi.

Kelompok Penelitian
Kelompok penelitian di bawah Bidang Studi Psikologi Sosial terdiri dari tiga kelompok besar yang masing-masing mencakup beberapa subtopik sebagai berikut:

  • Psikologi Perkotaan. Terdiri dari subtopik pengasingan sosial dan bullying, literasi media, hubungan interpersonal dan mate urgency, diri dan kesejahteraan, sense of community, psikologi kebersihan, neuropsikologi anak.
  • Psikologi Politik. Terdiri dari subtopik ideologi politik, partisipasi politik, beli suara dalam pemilu, sikap kewarganegaraan, dan tingkah laku antarkelompok dalam politik.
  • Kepribadian Indonesia. Terdiri dari subtopik Kepribadian Maritim dan Big 5 Personality, sense of community, dan kearifan lokal.
  • Kepakaran DosenNama
    Psikologi Olahraga, Psikologi KepemimpinanProf. Dr. M. Enoch Markum
    Psikologi Politik, Ideologi PolitikProf. Dr. Hamdi Muluk
    Psikologi KesehatanDr. S. Purwanti Brotowasisto
    Psikologi Kebersihan, Psikologi KomunitasDr. Istiqomah Wibowo
    Hubungan Antarkelompok, Psikologi Media, Intervensi SosialAmarina Ariyanto, PhD.
    Psikologi Ekonomi, Perilaku KonsumenHarry Susianto, PhD.
    Diri dan Kesejahteraan, Filsafat Ilmu, Psikologi TerorismeDr. Bagus Takwin, M.Hum.
    Psikologi Sekolah dan PendidikanDianti E. Kusumawardhani, PhD.
    Psikologi LansiaDra. E.J.M. Damona Kwintatmi Poespawardaja, MA., Psi.
    Psikologi Budaya dan Kearifan LokalDra. Sri Rochani Soesetio, M.Si
    Psikologi Perkotaan dan KomunitasDra. Ratna Djuwita, Dipl., Psych.
    Hubungan Interpersonal, Psikologi Komunikasi, Psikologi MediaDra. Sri Fatmawati Mashoedi, M.Si.
    Psikologi dan Antropologi, Psikologi PancasilaEko A. Meinarno, M.Si.
    Psikologi Ekonomi, Game Theory, Psikologi Komunitasmgr Erita Narhetali
    Metode Riset Kualitatif, Psikologi PerdamaianDicky C. Pelupessy, MSc
    Hubungan InterpersonalDian Wisnuwardhani, M.Psi.
    Psikologi Politik, Perilaku MemilihRizka Halida, S.Psi., M.Si.
    Neuro-psikologi, Psikologi Anak di PerkotaanIntan Indira Riauskina, PhD.
    PsikolinguistikAgnes Nauli, S.Psi., M.Si.
    Hubungan Antar kelompokWhinda Yustisia, M.Sc.
    Psikologi TerorismeDr. Mirra Noor Mila